JURNAL HARI INI :
Home » » PENYEBARAN TUMBUHAN TUBA

PENYEBARAN TUMBUHAN TUBA

Written By www.nsd.co.id on Kamis, 21 April 2016 | 05.07

Penyebaran tumbuhan tuba cukup luas. Menurut Westphal dan Jansen (1987), tuba merupakan tanaman liar yang telah dibudidayakan. Budidaya tanaman ini dapat ditemukan mulai dari India hingga Papua Nugini termasuk seluruh kawasan Asia Tenggara. Tanaman ini juga telah dibudidayakan di daerah tropik Afrika dan Amerika.
Tanaman tuba tersebar di seluruh Nusantara dan di Jawa dibudidayakan di kampung-kampung. Di Jawa ditemukan mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 1500 m dari permukaan laut, tumbuh di tempat yang tidak begitu kering dalam hutan dan belukar, di tepi hutan serta pinggir sungai dan selalu tumbuh terpencar (Heyne, 1987). Pada tahun 1940 luas tanaman tuba di Indonesia ditaksir sekitar 7000 ha.
Tuba (Derris elliptica) merupakan tumbuhan merambat yang membelit dengan tinggi 15 meter. Batangnya sebesar jari-jari tangan, tetapi ulet tidak dapat diputuskan. Ranting tua berwarna coklat dengan lentisel yang berbentuk seperti jerawat. Tumbuhan ini mempunyai akar tunggang.
Produksi akar tuba kering antara 1-2,5 ton/ha dengan jumlah ekspornya mencapai 570 ton, baik yang berasal dari perkebunan maupun dari tanaman rakyat (Mujinan, 1981).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : NGUSUL | E-JURNAL | PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © Desember 2013. JURNAL Today - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai
Proudly powered by Blogger