JURNAL HARI INI :
Home » » MENGENAL TUMBUHAN TUBA

MENGENAL TUMBUHAN TUBA

Written By www.nsd.co.id on Kamis, 21 April 2016 | 05.02

Tumbuhan Tuba adalah nama jenis tumbuhan dari Asia Tenggara dan kepulauan di Pasifik Barat Daya yang biasa digunakan untuk meracuni ikan. Ada beberapa jenis tuba, tetapi yang umum diketahui sebagai tumbuhan tuba adalah dari jenis Derris elliptica dan Derris malaccensis yang banyak dijumpai di Indonesia dan Malaysia (WHO, 1992).Tuba (Derris elliptica) termasuk ke dalam famili Fabaceae (Leguminocae), tanaman ini merupakan liana yang tumbuh membelit padatumbuhan/pohon lain, dengan panjang 5-10 meter. Ranting yang sudah tua berwarnacoklat dengan lentisel yang berbentuk jerawat dan bertangkai pendek. Daunnya tersebar disepanjang tangkai dan sisi bawah daun berwarna hijau keabu-abuan atauhijau kebiru-biruan, serta tangkai bunganya berwarna ungu dengan panjangnya kurang lebih satu cm. Buah polong berbentuk oval sampai memanjang dengan jumlahbiji 1-2 dan musim berbuah pada bulan April-Desember (Sitepu, 1995).
Tanaman tuba memiliki nama yang berbeda-beda pada setiap daerah, seperti di Kalimantan Barat tanaman ini dikenal dengan nama akar jenu, kayu tuba, tuba kurung. Di daerah Jawa dikenal dengan nama besto, oyod ketungkul, oyod tungkul, tuba, tuba akar, tuba jenu. Di daerah Sunda dikenal dengan nama tuwa, tuwa lalear, tuba leteng, sedangkan di Sumatera dikenal dengan nama tuba jenuh, tuba dan tuba jenong dan di Bali disebut dengan tuba(Adharini, 2008).
Menurut WHO (1992), taksonomi tumbuhan tuba (Derris elliptica) diklasifikasikan sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dikotyledonae
Ordo : Rosales
Famili : Leguminoceae
Genus : Derris
Species : Derris elliptica
Pernah mendengar peribahasa “madu di balas air tuba”. Tuba yang dimaksud disini adalah tumbuhan tuba. Jadi tumbuhan tuba sebenarnya sangat terkenal, setidaknya dalam peribahasa.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : NGUSUL | E-JURNAL | PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © Desember 2013. JURNAL Today - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai
Proudly powered by Blogger