JURNAL HARI INI :
Home » » PENGGUNAAN AKAR TUBA

PENGGUNAAN AKAR TUBA

Written By www.nsd.co.id on Kamis, 21 April 2016 | 05.38

Penggunaan akar tuba sangat banyak. Sebelum insektisida organik sintetik digunakan secara luas, para petani di pulau Jawa sering menggunakan cairan perasan tembakau dan akar tuba untuk mengendalikan kutu tanaman dan beberapa jenis ulat pada tanaman palawija dan sayuran tertentu.
Bahan insektisida dari akar tuba dilaporkan telah digunakan untuk mengendalikan hama tanaman di Malaysia sejak tahun 1848 (Prijono dan Triwidodo, 1993). Selain itu akar tuba digunakan sebagai insektisida dalam membunuh hama pada biji kacang hijau (Callobruchus analis) (Kardinan, 2000).
Di bidang perikanan akar tuba selain berfungsi sebagai bahan peracun ikan baik di kolam maupun di perairan bebas, juga dapat digunakan untuk pemberantasan ikan liar di tambak dalam usaha intensifikasi budidaya ikan dan udang (Hanafi, 1979).
Bubuk akar tuba efektif untuk membasmi Poecilia reticulate (jenis ikan pengganggu di kolam air tawar dan payau) (Guerrero et al., 1990). Manfaat lainnya dapat membunuh kutu kepala pada manusia (Peniculus himanus) (Sosromarsono, 1990),sebagai anti ektoparasit untuk membunuh kutu pada anjing(Heyne, 1987), serta sebagai bioinsektisida dalam pengendalian nyamuk (Kardinan, 2009). Ekstrak akar tuba dapat mematikan larva Aedes aegypti (LC50=1,90 mL/10mL) dan Culex quinquefaciatus (LC50 = 18,53) (Yoon, 2009).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : NGUSUL | E-JURNAL | PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © Desember 2013. JURNAL Today - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai
Proudly powered by Blogger