JURNAL HARI INI :
Home » » SINGGAH SEJENAK DI GEDUNG MARKAS BESAR PBB

SINGGAH SEJENAK DI GEDUNG MARKAS BESAR PBB

Written By NGUSUL on Selasa, 07 Januari 2014 | 15.20

Markas Besar PBB di New York adalah lokasi terpenting dan tempat utama Perserikatan Bangsa-Bangsa bersidang. Di sinilah Sidang Umum PBB, Dewan Keamanan PBB dan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB bersidang. Sidang Dewan Ekonomi dan Sosial bergantian secara tahun dengan lokasi di Jenewa. Selain itu di sini terdapat gedung Sekretariat PBB.
Setelah PBB didirikan pada tahun 1945, Markas Besarnya berada di London. Namun pada tanggal 24 Oktober 1949 batu pertama Markas Besar PBB diletakkan di New York. Untuk itu John D. Rockefeller II menghibahkan sekitar 7 hektare tanah di tepi timur Manhattan kepada PBB sebagai asetnya dan sebagai sebuah wilayah Teritorial Internasional. Pada 1951 gedung-gedung utama kompleks ini selesai yaitu Gedung Sidang Umum, gedung-gedung konferensi dan gedung Sekretariat yang tingginya 39 lantai ini. Lalu pada tahun 1961, dibangunlah perpustakaan Dag-Hammarskjöld dan antara tahun 1969-1976 dibangun Gedung UN-Plaza yang berfungsi sebagai hotel dan gedung kantor.
Markas PBB lainnya berada di Jenewa, Wina dan Nairobi. 
______________________
Gedung Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah sebuah pencakar langit setinggi 154 m (510 kaki) dan pusat dari Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, terletak di Turtle Bay, Manhattan, New York City. Tanah tempat bangunan ini berdiri dianggap sebagai teritori Perserikatan Bangsa-Bangsa, meski masih menjadi bagian dari Amerika Serikat.
Gedung ini memiliki 39 tingkat dan selesai dibangun pada tahun 1952. Gedung ini dirancang oleh arsitek Perancis Le Corbusier dan arsitek Brasil Oscar Niemeyer. Bangunan ini terhubung dengan Gedung Konferensi di utara yang berisi Majelis Umum, Dewan Keamanan dan sebuah gedung perpustakaan di selatan (lihat bagian depan foto).
Gedung ini berisikan fungsi-fungsi administrasi PBB, termasuk tugas harian seperti keuangan dan penerjemahan, kantor duta besar dan delegasi.
Sebagai bagian dari komplek PBB, bangunan ini ditetapkan berada di teritori internasional, sesuai perjanjian antara Perserikatan Bangsa-Bangsa dan negara pemilik tanah, Amerika Serikat.

Pada 21 Desember 2010, Gedung PBB dievakuasi karena perbaikan saluran bawah tanah di bangunan ini. Gedung PBB saat ini sedang direnovasi.
id.wikipedia.org
Markas besar PBB (pedomannews.com)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : NGUSUL | E-JURNAL | PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © Desember 2013. JURNAL Today - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai
Proudly powered by Blogger